Indonesian Chess_Sports Betting Network_Malaysia Online Casino

  • 时间:
  • 浏览:0
  • 来源:Olah raga pooch

NggAmerican Lottery Onlineamerican Lottery OnlineamerAmerican Lottery Onlineican Lottery Onlineak hanya itu, Kemenlu melalui laman resminya mengimbau WNI yang tinggal di Irak, Iran, dan negara sekitarnya untuk memerhatikan situasi politik dan keamanan di wilayah-wilayah tersebut. Hal ini untuk memudahkan langkah-langkah penyelamatan WNI jika konflik meledak (tapi berdoa aja biar nggak meledak beneran). Kemenlu juga telah menyiapkan kontijensi bersama perwakilan-perwakilan RI di sana.

Belakangan sebelum ajalnya, Soleimani sangat aktif melawan ISIS baik di Suriah maupun di Irak. Meski begitu, Amerika lah yang berhasil membunuh pemimpin ISIS, Abu Bakr al Baghdadi. Dua negara yang sedang konflik ini adalah musuh terbesar jaringan teroris yang sempat mekar di Indonesia. Setelah beberapa serangan besar yang mereka lakukan, ISIS di Indonesia dapat dikatakan mati suri. Berdasarkan itu, pakar jadi khawatir kematian Soleimani dapat memicu bangkitnya jaringan teroris ini. Kematian salah satu musuh terbesar ISIS bisa jadi semangat moral untuk mereka kembali bergerak dan nggak menutup kemungkinan juga di Indonesia. Duh, serem nggak sih…

Setelah serangan itu, Iran mengancam akan balas dendam. Bendera merah berkibar di atas masjid Qom, pertanda Iran begitu marah. Dan benar aja, pada Rabu (08/01), sembilan roket membombardir pangkalan militer AS di Irak. Bahkan televisi Iran menyiarkan sayembara berhadiah uang jutaan dolar bagi siapa yang bisa membawa kepala Donald Trump, seperti dilansir dari CNBC.

Ekonom dari Universitas Indonesia, Fithra Faisal, minta pemerintah waspada mengingat Indonesia bergantung pada minyak sebagai dasar bahan baku industri dalam negeri. Sementara ekonom dari INDEF, Bhima Yudhistira, mengatakan kalau PD III beneran pecah, kenaikan harga BBM khususnya yang non-subsidi nggak bisa dielakkan. Dan, kenaikan harga BBM otomatis akan berimbas pada naiknya harga bahan pokok lain.

Kalau kata pakar Timur Tengah dari Universitas Padjajaran, Dina Sulaeman, hubungan Indonesia dengan AS dan Iran baik. Sehingga untuk dampak bilateral sebenarnya nggak akan terpengaruh. Namun menurut Dina, jika konflik AS-Iran terus memanas hingga terjadi perang, Indonesia harus menerima dampak salah satunya di bidang ekonomi.

Iran adalah negara penghasil minyak terbesar di dunia, dan Indonesia harus khawatir karena konflik yang terjadi beresiko menekan perekonomian bangsa dengan lonjakan harga minyak dunia. Sebelumnya Iran telah mengeluarkan ancaman akan menutup sebuah selat di wilayahnya, yang dilalui pengangkutan sekitar sepertiga minyak dunia. Hal ini diyakini akan menciptakan resesi atau kelesuan perdagangan global. Ngeri